Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO LAYER JOGJA FARM >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA KONTEN - KONTEN DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE dan YOUTUBE KAMI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA.

Memulai Bisnis Ayam Merah Petelur, 100 Ekor Berapa Modalnya?

Layer Jogja - Meskipun harga pakan semakin mahal, bisnis ayam petelur tetap masih menguntungkan dan faktanya banyak juga yang menyukai usaha ini. Beternak ayam merah petelur ini merupakan salah satu usaha rumahan yang bisa memberi hasil tambahan. 

Mulai dari hasil telur dan daging ayam afkirannya bisa kita jual untuk dapatkan keuntungan. Selain itu bisa juga kita jadikan menu masakan untuk lauk pauk sendiri ataupun di jual kembali.

Bisnis Ayam Merah Petelur 100 Ekor
Ayam Merah Petelur foto by pixabay.com

Apalagi di bulan Ramadhan seperti tahun 2021 ini pastinya banyak yang lagi cari menu sahur atau buka puasa. Bagi kamu yang suka jualan bisa manfaatkan peluang ini untuk membuat aneka macam olahan dari bahan utama telur dan daging ayam merah.

Untuk memulai bisnis memelihara ayam petelur bisa di lakukan kapan saja, asalkan kamu ada kemauan niat berdoa dan berusaha sebagai modal utamanya. Selanjutnya persiapkan modal untuk pembuatan kandang dan pemnelian doc ( anak ayam ) ataupun Pullet.

Berapa Modal Yang Di Perlukan?

Sebenarnya untuk modal itu terhitung relatif ya, semua tergantung berapa banyak ayam yang mau di pelihara. Misalkan kamu ingin memelihara 100 ekor ayam dan apa saja yang di butuhkan. 

1. Pembuatan kandang dalam dan luar 

Katakanlah habis lima juta, 1,5 juta untuk kandang dalam plus tempat pakan dan minum ( terbuat dari bambu/pralon ) dan 4 juta untuk kandang luar ( mulai dari tiyang, atap, genteng dll ). 


2. Pembelian ayam doc atau pullet 

Bila baru pemula alahkah baiknya beli pullet meski harganya agak lumayan mahal, karena untuk memelihara anakan kecil ( DOC ) memerlukan perawatan yang baik dan benar. 

Apabila banyak kesalahan dalam menanganinya dapat berakibat hasilnya kurang maksimal dan bahkan bisa menyebabkan kematian ayam tersebut. 

Untuk per ekornya harga pullet dua belas minggu kurang lebih Rp 65.000,00. Kemudian di kali 100 ekor ayam sama dengan Rp 6.500.000,00. 


3. Pembelian Pakan Ayam

Mulai umur 0 minggu hingga ayam bertelur ini bisa menghabiskan lima sampai enam jutaan lebih. Apalagi mengingat harga pakan tahun 2021 ini semakin mahal saja dan tentunya akan berpengaruh pada biaya modal pakan. 

Jadi total keseluruhannya bisa dapat di perkirakan dalam hitungan rata-rata kurang lebihnya menghabiskan 15 juta sampai 20 juta rupiah. 

Namun hitungan ini juga bisa berubah-ubah setiap saat setiap waktu dan untuk itu selalu lihat situasi dan kondisi. Salam semangat, salam hangat dan semoga bermanfahat. Salam peternak kecil Layer Jogja. 

Post a Comment for "Memulai Bisnis Ayam Merah Petelur, 100 Ekor Berapa Modalnya? "